Cara Mengenali Petugas PLN Gadungan dan PDAM Gadungan - Manunggal Media / Jujur, Lugas, Up-date Dan Anti Hoax

Post Top Ad

Cara Mengenali Petugas PLN Gadungan dan PDAM Gadungan

Share This

Cara Mengenali Petugas PLN Gadungan dan PDAM Gadungan

Manunggal - Cara Mengenali Petugas PLN Gadungan dan PDAM Gadungan - Jaman sekarang, kita harus lebih ekstra berhati-hati terhadap tindakan kejahatan penipuan apapun. Modus penipuan pada saat ini sudah semakin canggih dan sulit di kenali apabila kita tidak jeli. Bahkan para penipu ini dengan terang-terangan berani melakukan tindakan jahatnya di tempat umum ataupun tempat terbuka.

Tindakan para pelaku kejahatan penipuan ini ada pula yang mengaku sebagai petugas Biasanya mereka menyamar sebagai peugas PLN gadungan atau petugas PDAM gadungan. Sasaran mereka adalah rumah-rumah yang pada siang harinya terlihat sepi atau hanya ada anak dan pembantu rumah tangganya saja.

Untuk Petugas PLN Gadungan ini biasanya mereka mempunyai modus sebagai berikut :
  1. Menjual Kotak Pelindung Meteran Listrik. Biasanya petugas PLN gadungan ini menjual kota pelindung meteran listrik dengan setengah memaksa. Bahkan terkadang mereka menakut-nakuti pemilik rumah kalau listrik di rumahnya ada yang tidak beres dan terindikasi mencuri listrik. Harga kotak pelindung listrik ini mereka jual dengan harga tinggi.
  2. Menjual Peralatan Penghemat Listrik. Sama seperti contoh di atas. Petugas PLN gadungan ini akan membawa alat yang kata mereka bisa menghemat listrik hingga 40%. 
  3. Penawaran Jasa Pasang Baru. Sampai saat ini PLN tidak melakukan penawaran jasa pasang baru dengan sistim door to door (dari rumah ke rumah). PLN hanya melayani pasang baru di kantor PLN.      
  4. Penambahan Tambah Daya. Sama seperti point 3 bahwasannya PLN tidak melayani jasa tambah daya dari rumah ke rumah. Jika anda ingin menambah daya, bisa mendatangai lokasi rayon PLN terdekat.
  5. Pembayaran Iuran Listrik. jangan pernah melakukan transaksi pembayaran listrik dengan petugas yasng datang kerumah. Biasakan membayar listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB) terdekat, Bank swasta/pemerintah, ATM atau Toko retail seperti Indomart. Bahkan saat ini toko online besar seperti Tokopedia juga membuka layanan pembayaran listrik.
Anda juga dapat memperoleh informasi mengenai PLN secara langsung melalui kontak-kontak yang tersedia, yaitu : 
  • Telepon : 123,
  • Handphone : (kode area + 123), 
  • Facebook : PLN 123,
  • Twitter : @pln_123, 
  • Email : pln123@pln.co.id,
  • website : www.pln.co.id
Selain petugas PLN Gadunga, ternyata juga ada petugas PDAM gadungan yang kerap meresahkan masyarakat. Modus dari petugas PDAM gadungan ini bermacam-macam, antara lain :
  1. Membantu merubah golongan pelanggan, agar nilai tagihannya semakin kecil
  2. Membantu menyelesaikan pengaduan
  3. Memasang sambuangn air secara ilegal
  4. Melakukan penggantian meteran, meskipun meteran kita tidak mengalami kerusakan. 
Untuk menghubungi layanan PDAM, anda dapt menghubungi contack center sebagai berikut :
  • Telepon : 031- 5039373 , 5039676, 5039392
  • SMS Center : 08123316666
  • Fax : 031-5030100
  • Website : www.pdam-sby.go.id
Modus dari petugas PLN gadungan dan petugas PDAM biasanya juga di sertai dengan pencurian, karena mereka juga akanmemaksa masuk kedalam rumah. Oleh karena itu  selalu waspada dan jangan mudah percaya terhadap petugas yang datang ke rumah kita. Apalagi jika kita tidak merasa memanggil petugas tersebut.

Jika nanti terdapat petugas yang datang, jangan terburu-buru untuk membuka pintu pagar. Meskipun mereka memaksa dan menunjukkan surat tugasnya. Lebih baik tanyakan terlebih dahulu nama yang bersangkutan, lalu segera menghubungi call center PLN/PDAM yang telah di beritakan di atas. (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages